Selasa, 04 November 2008

E-Library (Tugas E-Technology)

Disusun Oleh :
Ayu Anggraini (51006010)
Randy Thioris (51006038)
Wong Eng Yong (51006049)
Ringkasan / Inti E-Library:
PENGANTAR
I. Definisi
Perubahan pada masyarakat dunia sekarang sulit diperkirakan, utamanya jika melibatkan pengguna perpustakaan yang memiliki kondisi pengetahuan terhadap teknologi yang berbeda. Hal ini mengharuskan perpustakaan menyesuaikan diri dan mengambil antisipatif bila tidak ingin ditinggalkan oleh pengguna..
Dari uraian tersebut dapat disadari perlunya ditingkatkan penggunaan teknologi saat ini dimana salah satunya dengan mengembangkan e-library untuk semakin memudahkan dalam berbagi informasi dan sumber pengetahuan agar eksistensi perpustakaan tetap terjaga.
II. Tujuan
yaitu, agar meningkatkan minat baca masyarakat baik tua maupun muda dengan memanfaatkan jaringan online, dengan pemanfaatan e-library maka berbagai informasi dapat ditampung dan disharing melalui jaringan internet sehinggga dapat dibaca dan dinikmati masyarakat luas.
III. Visi
yaitu diharapkan eksistensi dari pemanfaatan teknologi terus berkembang khususnya peran informasi dan komunikasi dalam masyarakat luas. Dengan pemanfaatan jaringan komputer maka E-Library diharapkan dapat menjadi sebuah inovasi yang berdedikasi tinggi dalam pemanfaatan informasi dan sumberdaya yang tersebar di seluruh pelosok dunia.
TULISAN / PENELITIAN YANG TERKAIT
1. Pemikiran Tentang Peningkatan Fasilitas e-Library di Perpustakaan Nasional Sebagai Upaya Melaksanakan Fungsi Pendidikan Kepada Masyarakat Aroem Andajani (Pustakawan Penyelia FTK-ITS)
2. Perpustakaan Online Sebagai Media Belajar Siswa di Sukabumi
(Oleh Drs. Usep Rusman)

Fokus E-Library
Yang membedakan antara fokus E-Library yang kami akan rancang dengan penelitian-penelitian yang lainnya ialah dimana pada kedua contoh penelitian, E – Library dikhususkan untuk sektor-sektor tertentu dan pemanfaatannya dikhusukan untuk kalangan sendiri. Jadi sistem yang mereka rancang hanya diorganisir oleh kalangan sendiri juga.
Yang akan kami buat difokuskan untuk masyarakat luas dimana informasi-informasi yang akan ditampung merupakan hasil buah pikiran dari tiap orang yang nantinya dapat dibaca oleh setiap orang, dimana artikel-artikel, buku, maupun literatur – literatur dapat diisi di sistem kami oleh masyarakat, dan diperbolehkan bagi mereka untuk memposting hasil tulisan mereka ke jaringan online sehingga pembagian informasi serta komunikasi dilakukan secara lebih meluas.

0 komentar: